S&P Naikkan Peringkat Indonesia ke Investment Grade

S&P Naikkan Peringkat Indonesia ke Investment Grade

Optimisme Indonesia untuk mendapat peringkat Investment Grade atau kelayakan investasi dari lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) berbuah manis. S&P akhirnya menaikkan peringkat utang Indonesia dari BB+ menjadi BBB-. Itu berarti Indonesia sudah berstatus investment grade.


Sebelumnya, lembaga pemeringkat lainnya, seperti Fitch telah memberikan rating BBB- atau investment grade kepada Indonesia pada 21 Desember 2016. Sedangkan Moody's memberikan rating Baa3 atau investment grade untuk Indonesia pada 8 Februari 2017.

 

S&P menaikkan peringkat Indonesia karena beberapa alasan, mulai dari sejumlah indikator perekonomian hingga proyeksi ekonomi Indonesia masa mendatang. Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang baik juga menjadi salah satu faktor penyebab Indonesia naik peringkat.  

 

Pemerintah Indonesia memangkas belanja negara agar defisit terjaga. Juga ditopang oleh adanya tax amnesty yang mampu mendorong penerimaan negara. Fundamental ekonomi Indonesia pun relatif kuat karena mampu tumbuh 5,02% dengan inflasi yang stabil ke 3,02%. Selain itu, defisit transaksi berjalan ada pada kisaran 2% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). (ekon)

 

Jumat, 19 Mei 2017 - 16:40
https://ekon.go.id/berita/view/s-p-naikkan-peringkat.3347.html