Kenalkan Infrastruktur Sejak Dini, Kemenko Perekonomian dan KPPIP Sambangi SD dan SMP di Kabupaten Kuningan
Jumat, 29 November 2019 - 15:26
Kenalkan Infrastruktur Sejak Dini, Kemenko Perekonomian dan KPPIP Sambangi SD dan SMP di Kabupaten Kuningan
Sumber gambar : ekon.go.id
Pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur untuk mendukung aktivitas masyarakat. Dengan adanya infrastruktur, aktivitas perekonomian masyarakat semakin efektif dan efisien. Oleh karena itu, infrastruktur harus dapat digunakan dan dirawat dengan baik. Kesadaran ini perlu ditumbuhkan sejak dini, agar masyarakat semakin mengerti pentingnya infrastruktur.
 
“Para siswa harus mengenal apa itu infrastruktur, apa manfaatnya, dan yang paling penting adalah mereka tahu cara merawat infrastruktur dengan benar,” ungkap Asisten Deputi Perumahan, Pertanahan,dan Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Bastary Pandji Indra dalam acara Diseminasi Infrastruktur Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Jumat (29/11) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
 
Pelaksanaan diseminasi ini, kata Bastary, dirancang sebagai sarana sosialisasi dan edukasi infrastruktur kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang manfaat dan cara merawat infrastruktur sejak dini agar hasil pembangunan dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing.
 
Materi diseminasi meliputi pengenalan infrastruktur, macam-macam infrastruktur, manfaat infrastruktur, dan cara merawat infrastruktur. Materi disampaikan menggunakan media pembelajaran yang menarik agar para siswa dapat mengikuti kegiatan dan memahami materi dengan baik, seperti seperti video, buku komik, hingga pembagian doorprize.
 
Sementara itu, pihak Pemda setempat menyambut baik kegiatan Diseminasi Infrastruktur yang digelar oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) tersebut.
 
“Kami berharap kegiatan diseminasi ini dapat dilakukan secara berkelanjutan sebagai langkah positif untuk pendidikan infrastruktur sejak dini. Selain itu, pihak sekolah juga dapat dilibatkan dalam penyusunan materi diseminasi infratruktur,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Ayip Syarip Rahmat.
 
Kegiatan diseminasi dilakukan di 4 SD dan 4 SMP di Kabupaten Kuningan, antara lain SD 2 Kuningan, SDN 1 Cigadung, SDn 17 Kuningan, SDN 2 Purnawinagrum, SMP 1 Kuningan, SMP 2 Kuningan, SMP 3 Kuningan, dan SMP 4 Kuningan. Jumlah peserta diseminasi mencapai 290 siswa.
 
Dari hasil evaluasi, pihak sekolah dan para siswa peserta diseminasi antusias mengikuti kegiatan tersebut. Para siswa semakin mengerti tentang infrastruktur. Mereka juga berjanji akan berpartisipasi merawat infrastruktur agar masyarakat dapat menggunakannya dengan tenang, nyaman, aman. (d6/idc/iqb)
 
***
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan WilayahLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan