Pemerintah Dorong UMKM Payakumbuh Jadi Sentra Rendang Berstandar Internasional
Senin, 24 Juni 2019 - 20:32
Pemerintah Dorong UMKM Payakumbuh Jadi Sentra Rendang Berstandar Internasional
Sumber gambar : ekon.go.id
Di era perdagangan bebas saat ini, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKM) dihadapkan pada persaingan bisnis dengan produk asingyang memiliki daya saing tinggi, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Oleh Karena itu, dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM, Sejumlah Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait telah melakukan pembinaan secara tersistem dan terstruktur.
 
“Pemerintah sangat menyadari kondisi ini, dan terus berupaya mencarikan solusinya dengan menciptakan dan mengembangan berbagai pola-pola baru guna meningkatkan daya saing UMKM,” ujar Asisten Deputi Peningkatan Daya Saing Koperasi dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iwan Faidi saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi UMKM di sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Rendang Payakumbuh, Senin (24/6), di Bukittinggi.
 
Salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah adalah program sinergi pembinaan sentra IKM Rendang Payakumbuh, yang melibatkan beberapa K/L terkait.
 
“Kegiatan ini melibatkan kontribusi dari semua K/L dalam menciptakan sentra IKM Rendang Payakumbuh yang terpadu dalam pembinaan, baik dari sisi pembangunan fisik maupun pembinaan dan pelatihannya,” tambah Iwan.
 
Lebih lanjut Iwan menjelaskan, dalam upaya mewujudkan program sinergitas pembinaan sentra IKM rendang Payakumbuh tersebut, Kemenko Perekonomian sejak bulan Januari sampai Juni 2019 telah melakukan sejumlahrapat koordinasi yang melibatkan berbagai K/L terkait.Selain itu juga dilakukan kunjungan lapangan guna identifikasi awal dan mengkoordinasikanpelaksanaan bimbingan teknis.
 
Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz menyampaikan, saat ini Sentra IKM Rendangtelah mendapatkan pesanan dari Arab Saudisebanyak70 ton rendang.
 
“Untuk memenuhi permintaan ekspor itu, tentu diperlukan standarisasi internasional yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha di Sentra IKM Rendang seperti safety food, sanitasi ruang produksi, maupun komposisi kandungan makanan yang juga harus menjadi perhatian oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dan K/L terkait,” kata Erwin.
 
Rapat koordinasi yang dihadiri oleh K/L terkait, Badan Usaha Milik Negara dan Daerah (BUMN/BUMND), pemerintah Kota Payakumbuh ini diharapkan dapat mewujudkan branding Kota Payakumbuh sebagai City of Randang
“Tentu diperlukan kontribusi berbagai pihak agar pengoperasian sentra IKM Rendang dapat berjalan dengan baik,”tegas Iwan (aa/iqb)
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan MenengahLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan