Pertemuan Pemerintah dengan Jack Ma Diskusikan Beberapa Hal Pokok
Minggu, 02 September 2018 - 16:01
Pertemuan Pemerintah dengan Jack Ma Diskusikan Beberapa Hal Pokok
Sumber gambar : ekon.go.id
Komite Pengarah Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) yang dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 melakukan pertemuan dengan penasihat Komite Pengarah Peta Jalan SPNBE yang juga merupakan Founder and Executive Chairman of Alibaba Group, Jack Ma.
 
Pertemuan yang berlangsung sekitar 75 menit ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Presiden RI sehari sebelumnya. Dalam pertemuan kali ini membahas beberapa hal pokok, yaitu talent, pemberdayaan usaha kecil, kewirausahaan, inklusi finansial, serta pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT), blockchain, dan cloud computing.
 
Jack Ma juga merespon upaya ekspor produk Indonesia ke Tiongkok melalui e-commerce sebagai salah upaya mengurangi angka deficit trade balance. Dalam kesempatan tersebut, Jack Ma memberikan arahan bagi pemerintah antara lain pentingnya (a) pemanfaatan IoT dan Artificial Intelligence yang harus diiringi dengan pengembangan industri jasa; (b) dukungan untuk pengembangan usaha kecil dan kewirausahaan antara lain melalui akses pasar dan pembiayaan; dan (c) transparansi dalam implementasi peer-to-peer landing dan pengawasan Otoritas terkait.
 
Jack Ma juga mengingatkan bahwa kekurangan dalam sistem seperti yang terjadi di Indonesia dan Tiongkok justru harus dilihat sebagai kesempatan. "Alipay berkembang sangat pesat karena sistem keuangan di Tiongkok saat itu tidak terlalu baik. Saat ini, penggunaan Alipay bahkan sudah melebihi Visa dan Master global," ungkap Jack Ma.
 
Pertemuan ini turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Duta Besar LBPP RI untuk RRT Djauhari Oratmangun, dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. (ekon)
 
Asdep Pengembangan Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing KUKM
Email: ekraf@ekon.go.id | spnbe@ekon.go.id
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Ekonomi Makro dan KeuanganLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan