Survei Rekam Aktivitas-Perjalanan Harian Menggunakan Aplikasi Telepon Pintar Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration – Phase 2
Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:15
Survei Rekam Aktivitas-Perjalanan Harian Menggunakan Aplikasi Telepon Pintar Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration – Phase 2
Sumber gambar : ekon.go.id
SURVEI REKAM AKTIVITAS-PERJALANAN HARIAN
MENGGUNAKAN APLIKASI TELEPON PINTAR
(ACTIVITY-TRAVEL DIARY SURVEY USING SMARTPHONE APPLICATION)
JABODETABEK URBAN TRANSPORTATION POLICY INTEGRATION PHASE 2
(2018)
 
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (KEMENKOEKON) bersama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), membentuk suatu proyek yang bergerak di bidang transportasi yaitu Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration Phase 2 (JUTPI 2).
 
I. Latar Belakang
Salah satu dari tiga aktivitas utama proyek ini adalah: Memerinci Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ). Berkenaan dengan aktivitas tersebut, terdapat kegiatan yang disebut “Activity-Travel Diary Survey Using Smartphone Application” (Survei Rekam Aktivitas – Perjalanan Harian menggunakan Aplikasi Telepon Pintar). Survei ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari JUTPI 2 yang bertujuan untuk memperoleh data pola perjalanan dan aktivitas harian masyarakat di wilayah Jabodetabek melalui aplikasi smartphone yang disebut MEILI Jabodetabek Travel Diary.

II. Tujuan
Tujuan utama dari survei ini adalah untuk mengetahui pola perjalanan masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek yang diharapkan mampu mencerminkan pola perjalanan di Jabodetabek secara mendetail. Pola perjalanan ini kemudian dapat digunakan sebagai alat dan referensi yang baik untuk merencanakan solusi kemacetan.

III. Metode dan Durasi Pelaksanaan Survei
MEILI adalah salah satu aplikasi smartphone perekam pergerakan atau perjalanan (mobility collector) yang dikembangkan dan telah digunakan di beberapa lokasi di negara Eropa untuk mengetahui pola perjalanan responden. Data pola perjalanan ini kemudian digunakan untuk analisis perencanaan penyediaan fasilitas transportasi di beberapa daerah di Eropa. JUTPI 2 kemudian menggunakan dan mengembangkan aplikasi tersebut dengan menambahkan fitur detail aktivitas serta menyesuaikan aplikasi dengan kondisi sistem transportasi di Jabodetabek.
 



 
Activity-Travel Diary Survey Using Smartphone Application atau yang disingkat menjadi ADS-MEILI ini akan menjadi survei pertama di Indonesia yang merekam aktivitas dan perjalanan responden dengan menggunakan aplikasi smartphone. Aplikasi MEILI Jabodetabek Travel Diary akan merekam aktivitas dan perjalanan responden selama 7 (tujuh) hari berturut-turut dalam kurun waktu pelaksanaan dari tanggal 27 Agustus sampai 30 November 2018.
 
Namun untuk menjangkau lebih banyak responden di Jabodetabek, maka jangka waktu survei diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2018.
 
Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store sehingga responden dapat mengunduh dan melakukan pemasangan (installation) pada smartphone mereka. Responden merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Jabodetabek yang dipilih (sampai tingkat kecamatan) untuk mewakili seluruh masyarakat Jabodetabek.
 
Pada jangka waktu pelaksanaan survei tersebut, responden terpilih akan diminta kesediaan dan partisipasinya dalam mengikuti rangkaian survei yang terdiri dari: 
 
  1. Survei Sosial - Ekonomi
    Beberapa pertanyaan seputar keadaan sosial-ekonomi responden akan diajukan, berupa keterangan nama, alamat tempat tinggal, kegiatan utama, kepemilikan kendaraan, anggota keluarga, pilihan moda untuk perjalanan rutin sehari-hari, dan lain-lain.
  2. Survei Rekam Aktivitas – Perjalanan Harian menggunakan Mobility Collector (Jabodetabek Travel Diary).
    Data perjalanan responden selama tujuh hari akan otomatis terekam pada aplikasi yang telah dipasang dan diaktifkan pada smartphone responden.

Seluruh data responden bersifat RAHASIA, berada di bawah kepemilikan Pemerintah Republik Indonesia (dalam hal ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian), dan akan digunakan sepenuhnya untuk keperluan analisa teknis dalam perencanaan dan pengembangan kebijakan transportasi di masa mendatang. 
 
LINK SURVEY
 
 
Responden akan dihubungi melalui nomor 02150813664 atau responden juga dapat menghubungi nomor 08001006464 (bebas pulsa) apabila menginginkan keterangan lebih lanjut.
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan WilayahLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan