Publikasi Berita

Berita

05 Dec 2022 22:00

Kembali Terima Kunjungan Studi Secara Luring, Kemenko Perekonomian Dorong Mahasiswa Untuk Terus Update Perkembangan Ekonomi Indonesia

Seiring dengan pulihnya kesehatan dan ekonomi pasca pandemi Covid-19, berbagai jenis event luring mulai banyak diselenggarakan di Indonesia. Terkait hal tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) juga telah membuka kembali penyelengaraan kunjungan studi secara luring untuk pertama kalinya pasca pandemi.


22 Nov 2022 17:44

Tingkatkan Investasi Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi, Pemerintah Dorong Implementasi Kebijakan Bangunan Gedung Tangguh Bencana

Indonesia sebagai salah satu negara paling aktif secara seismik di dunia karena berada pada ‘Ring of Fire’, menjadi lebih mudah mengalami gempa bumi yang menyebabkan kerugian korban jiwa, gedung dan bangunan, hingga ekonomi. Sebagai upaya pengurangan risiko bencana dan mengurangi potensi kerugian ekonomi, investasi melalui implementasi kebijakan bangunan gedung tangguh bencana khususnya terhadap risiko gempa bumi menjadi sangat penting.


11 Nov 2022 18:03

Akselerasi Inklusi Keuangan Syariah, Kemenko Perekonomian Gandeng Berbagai Pihak Termasuk Perguruan Tinggi

Pemerintah secara masif mendorong inklusi keuangan hingga terjadi peningkatan menjadi 85,10% pada tahun 2022. Angka tersebut lebih tinggi dari capaian inklusi keuangan tahun 2021 yang sebesar 83,6%. Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI)  yang bertugas mengkoordinasikan dan menyinkronkan pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) melakukan perluasan dan kemudahan akses layanan keuangan formal melalui layanan keuangan digital bagi seluruh lapisan masyarakat.


18 Oct 2022 20:52

Tingkatkan Ketangguhan Menghadapi Bencana, Pemerintah Bahas Penanganan Multi-Natural Disaster dengan World Bank

Indonesia memiliki angka kerentanan bencana yang cukup tinggi dan didominasi oleh bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung serta bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Kerugian akibat bencana juga dapat menimbulkan pelemahan ekonomi di daerah terdampak maupun ekonomi nasional.


23 Sep 2022 19:20

Dorong Sumber Pembiayaan Baru bagi Pembangunan Infrastruktur, Pemerintah Susun Studi Persiapan Land Value Capture

Pembangunan infrastruktur sebagai sarana konektivitas di sejumlah wilayah yang gencar dilakukan Pemerintah perlu didukung dengan opsi pembiayaan yang memadai melalui berbagai instrumen. Untuk itu, Pemerintah terus berupaya mendorong implementasi Land Value Capture (LVC) sebagai salah satu mekanisme pembiayaan investasi publik dalam infrastruktur untuk mengurangi kerentanan fisik akibat banjir, degradasi lingkungan, dan lain-lain.


15 Sep 2022 14:52

Kebijakan Fleksibilitas Harga Pembelian Gabah dan Beras Petani untuk Jaga Pasokan dan Stabilitas Harga

Kondisi kenaikan harga gabah dan beras di tingkat petani dan penggilingan padi yang terjadi saat ini mendorong kenaikan harga beras di tingkat konsumen. Untuk mengantisipasi kenaikan harga itu telah dijalankan beberapa program guna menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan di pasar dan stabilisasi harga karena pasokan yang terus ada.