Publikasi Berita

Berita

13 Nov 2021 19:29

Penyelenggaraan Forum Bisnis di ajang Dubai Expo, Tarik Minat Investor

Memanfaatkan momentum penyelenggaraan Dubai Expo, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengadakan forum bisnis yang membahas beberapa isu strategis seperti ketenagakerjaan, energi, infrastruktur, industri, hingga kawasan ekonomi. Kegiatan yang diadakan selama 5 hari berturut-turut sejak 6 November hingga 10 November 2021 tersebut, bertujuan untuk menarik minat investor baik dari Persatuan Emirat Arab (PEA) maupun negara lainnya.


13 Nov 2021 13:36

Pemerintah Tingkatkan Akses Fasilitas Keuangan Bagi Petani dengan Skala Usaha Kecil (Smallholder)

Petani dengan skala usaha kecil (smallholder) mempunyai peran strategis dalam perekonomian nasional dan menjadi tulang punggung sistem pangan di Indonesia yang merupakan negara agraris. Di sub sektor perkebunan khususnya kelapa sawit, distribusi kepemilikan kebun rakyat mencapai luas 6,72 juta hektare atau sebesar 41% dari total luas tutupan kelapa sawit.


13 Nov 2021 13:23

Pemerintah Fasilitasi Program Percepatan Pengembangan Wilayah di Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan

Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah dan pembangunan daerah yang berkeadilan serta berkelanjutan, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan. Hal ini sekaligus untuk dapat menjawab isu dan tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN, afirmasi dan keberpihakan terhadap lingkungan hidup serta pembangunan berkelanjutan, dan mengurangi disparitas perekonomian antar wilayah. 


13 Nov 2021 13:07

Program Mandatory Biodiesel Tunjukkan Komitmen Nyata Pemerintah Indonesia dalam Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan dan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Pemerintah Indonesia secara konsisten melakukan berbagai upaya dalam penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) terlihat komitmen kuat Indonesia dalam menurunkan GRK pada tahun 2030 dengan target unconditional atau business as usual sebesar 29% dan target conditional atau dengan dukungan internasional sebesar 41%.


10 Nov 2021 16:42

Pentingnya Peran Food System dan Kerjasama Multi-Stakeholder Dalam Pencapaian Target Komitmen Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Pengaturan terkait upaya penurunan emisi dengan melakukan mitigasi dan inventory emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di kebun kelapa sawit telah dilakukan Pemerintah sebagai wujud tujuan dari prinsip dan kriteria Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).


10 Nov 2021 16:10

Indonesia Dukung Kesetaraan Hak dan Kewajiban antara Negara Konsumen dengan Negara Produsen Komoditas Hasil Pertanian dan Kehutanan

Sebagai negara adidaya di bidang penanggulangan perubahan iklim, Indonesia terus berjuang menyuarakan kesetaraan hak dan kewajiban antara negara konsumen dengan negara produsen komoditas hasil pertanian dan kehutanan. Salah satunya adalah dengan mengambil peran Co-chairmanship bersama dengan Inggris dalam Forest, Agriculture, Commodity and Trade (FACT) Dialogue.