Publikasi Buletin

Buletin

03 Dec 2021 21:19

Pengembangan dan Replikasi Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura

Sesuai dengan arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo dalam acara Food Security Summit ke-5 pada tanggal 18 November 2020, model kemitraan inklusif closed loop terus dikembangkan dan direplikasi. Beberapa Pemerintah Daerah telah berminat mengembangkan pola kemitraan multistakeholder ini, salah satunya adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


03 Dec 2021 21:02

Pemerintah Gelar Sosialisasi Regulasi Terkait Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

Pemerintah terus berupaya melakukan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19 salah satunya melalui pembangunan Proyek Strategis Nasional. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas tanggal 16 Juli 2021 menegaskan bahwa keterlibatan dan peran swasta dalam membangun PSN sangat diperlukan utamanya dalam pembiayaan.


22 Nov 2021 20:06

Peningkatan Produktivitas Jagung untuk Kesejahteraan Petani dan Pemenuhan Ketersediaan Jagung Nasional

Salah satu kebijakan pengembangan jagung di tingkat nasional yang terus didorong oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian adalah pembentukan Cadangan Jagung Nasional (CJN) dengan Perum Bulog selaku pengelola cadangan pangan tersebut.


16 Nov 2021 18:10

Rehabilitasi dan Modernisasi Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Rentang Untuk Mendukung Pertanian di Jawa Barat

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menekankan percepatan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2024 serta mendorong agar pembangunan infrastruktur dapat memberikan outcome yang bermanfaat.


01 Nov 2021 17:16

Proyek Strategis Nasional Pengembangan Garam Industri Terintegrasi untuk Atasi Tingginya Impor Garam dan Rendahnya Kualitas Garam Rakyat

Pengembangan Garam Industri Terintegrasi merupakan salah satu program dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sesuai dengan Perpres 109 Tahun 2020. Proyek ini terdiri dari tiga bagian besar, yakni Pabrik Pengolahan Garam Rakyat, Produksi Bittern Terintegrasi, serta Pabrik Garam PLTU. Ketiga program ini sangat strategis untuk mengatasi persoalan tingginya impor garam dan rendahnya kualitas garam rakyat.


29 Oct 2021 21:09

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemerintah Terus Pantau Ketersediaan dan Stabilisasi Harga Pangan

Pemerintah terus memperhatikan ketersediaan dan stabilisasi harga pangan. Dalam hal ini, Kemenko Perekonomian yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, dalam hal ini adalah Asisten Deputi Pangan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Koordinasi Kebijakan Ketersediaan Pangan dan Stabilisasi Harga.