Publikasi Buletin

Buletin

18 Nov 2022 15:00

Mudahkan Perizinan Berusaha UMKM, Pemerintah Dorong Penguatan Ekosistem UMKM melalui UU Cipta Kerja

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja. Untuk itu, Pemerintah terus berupaya memberikan dukungan sebagai wujud keberpihakan terhadap kemajuan UMKM. Salah satu upaya yang diberikan yakni mendorong penguatan ekosistem UMKM melalui Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.


18 Nov 2022 15:00

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pemerintah Tingkatkan Ketangguhan Bencana dan Pemanfaatan Teknologi

Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional, Pemerintah telah menetapkan Food Estate sebagai salah satu program dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) melalui Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022. Salah satu Food Estate yang kini tengah digarap Pemerintah yakni Food Estate Kalimatan Tengah.


12 Nov 2022 20:56

Dorong Akselerasi Pengembangan Metodologi Perhitungan Biaya Logistik Nasional, Kemenko Perekonomian Gandeng Asosiasi Pelaku Usaha dan Akademisi

Di tengah isu disrupsi rantai pasok global yang dialami dunia saat ini, perbaikan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) menjadi salah satu concern Pemerintah guna menjaga ekonomi nasional agar terus tumbuh. Pemerintah terus mengakselerasi peningkatan kinerja logistik nasional melalui perbaikan beberapa sasaran strategis yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sislognas.


09 Nov 2022 19:50

Upaya peningkatan Kesejahteraan Petani melalui Kemitraan Closed Loop Hortikultura di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Deli Serdang

Pemerintah berkomitmen mengembangkan subsektor hortikultura agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan ekonomi daerah. Sebagai salah satu subsektor pertanian yang mempunyai potensi cukup besar, pertumbuhan hortikultura pada Q2-2022 tercatat sebesar 1,17% (yoy) yang mana lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan tanaman pangan dan perkebunan.


03 Nov 2022 16:23

Optimalkan Potensi Ekonomi Perbatasan, Pemerintah Dorong Pengembangan UMKM Setempat

Guna mendorong pemerataan ekonomi di berbagai wilayah, Pemerintah terus melakukan upaya untuk mendukung optimalisasi potensi perekonomian pada kawasan perbatasan. Upaya tersebut diimplementasikan Pemerintah dengan gencar melakukan pembangunan infrastruktur guna mempemudah konektivitas hingga mengembangkan UMKM untuk memberikan stimulus pada perekonomian perbatasan.


01 Nov 2022 16:41

Dorong Evaluasi dan Perbaikan Sistem Logistik Nasional, Kemenko Perekonomian Kembangkan Metodologi Perhitungan Biaya Logistik Nasional

Sistem Logistik Nasional (Sislognas) yang efektif dan efisien menjadi salah satu penggerak utama bagi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, di tengah persaingan ekonomi global yang semakin tinggi, Sislognas yang berkualitas menjadi nilai tambah tersendiri bagi daya saing Indonesia di kancah perekonomian global.