Sumber ekon.go.id

Menko Perekonomian Groundbreaking Proyek Kereta Api Trans Sulawesi Tahap I (Makassar – Parepare)

13 Aug 2014 17:35

Makassar (12/8) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian melakukan groundbreaking proyek Kereta Api Trans Sulawesi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan, EE Mangindaan dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Proyek ini merupakan jalan Kereta Api (KA) Trans Sulawesi tahap I (Makassar-Parepare) sepanjang 143 Km yang juga merupakan bagian awal dari pengembangan perkeretaapian Trans Sulawesi yang ditargetkan sepanjang 2.000 km dari Makassar ke Manado. Dengan adanya groundbreaking ini, Menko Perekonomian berharap seluruh Pulau Sulawesi akan terkoneksi dengan kereta api sehingga akan terhubung dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sulawesi.

Pembangunan Kereta Api Trans Sulawesi Tahap I akan dimulai dengan rute Makassar - Parepare yang dilengkapi 23 stasiun. Pembangunan Jalan KA Makassar - Parepare akan menghubungkan 2 pelabuhan utama di Sulawesi Selatan, yaitu Pelabuhan Makassar (Pelabuhan hub regional penghubung Indonesia Barat dan Timur) dan Pelabuhan Parepare (Pelabuhan utama penghubung Sulawesi ke Kalimantan) sehingga dipastikan akan mengurangi biaya logistik angkutan barang dari kedua pelabuhan tersebut.

Hingga saat ini, lahan yang telah dibebaskan untuk Jalan KA Makassar-Parepare sudah sepanjang 30 Km di Kabupaten Barru oleh APBD Sulawesi Selatan dan pada 2015 pemerintah telah mengalokasikan APBN sebesar Rp 261 Milyar untuk pembangunan badan jalur KA tersebut. Total estimasi biaya pembangunan Kereta Api Lintas Makassar - Parepare sendiri diperkirakan sebesar Rp 9.65 Triliun.

Menurut Menko Perekonomian, pada Koridor Ekonomi (KE) Sulawesi, Indonesia mengandalkan 5 komponen logistik yang strategis. Pertama, Pelabuhan Bitung sebagai gateaway dan hubungan internasional di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Kedua, KE Sulawesi memposisikan Bandara Hasanudin sebagai Bandara Hubungan Internasional di Kawasan Timur Indonesia. Ketiga, jalur transportasi darat Palu-Parigi yg akan dibangun. Keempat, jalan tol Manado - Bitung. Kelima, Proyek KA Trans Sulawesi.


Bagikan di | Cetak | Unduh