Sumber ekon.go.id

Indonesia-Jepang Sepakat Meningkatkan Iklim Investasi

05 Oct 2013 01:20

Nusa Dua - Forum Kerjasama EkonomiIndonesia-Jepang  ke-5 telah diselenggarakan pada tanggal 4 Oktober 2013 di Bali, Indonesia. Acara tersebut dipimpin oleh Ir. M. Hatta Rajasa, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Indonesia danToshimitsu Motegi, Menteri Perekonomian bidang Perdagangan dan Perindustrian Jepang. Forum tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat senior negara dan pemimpin organisasi bisnis, diantaranya adalah Muhammad Lutfi, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI; Yoshinori Katori, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang; Suryo Bambang Sulisto, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN); Hiromasa Yonekura, Ketua KEIDANREN; Teruo Asada, Ketua Komite Ekonomi Jepang-Indonesia untuk KEIDANREN; Yoshio Nakamura, Wakil Ketua KEIDANREN; Takuji Motooka, Ketua Club Jepang-Jakarta Club (JJC). Forum tersebut membahas situasi terkini kedua negara dan kerjasama dalam bidang infrastruktur, investasi serta peningkatan iklim bisnis di Indonesia.  

Indonesia dan Jepang menegaskan mengenai pelaksanaan Japan Growth Strategy dan pentingnya tindakan cepat dalam meningkatkan iklim bisnis di Indonesia serta penyelesaian masalah mengenai perluasan investasi. "Investasi  Jepang di ASEAN dan Indonesia menjadi mesin pertumbuhan di kawasan tersebut," ujar Hatta.

Merujuk pada pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2011 dan Prioritas Area Metropolitan untuk Investasi dan Industri (MPA) yang telah menjadi bagian dalam MP3EI, kedua belah pihak memandang pentingnya mempromosikan kerjasama untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia infrastruktur, lingkungan investasi dan pengembangan bisnis global.

Kedua belah pihak sepakat bahwa Forum Kerjasama antara Indonesia - Jepang yang ke-6 akan diadakan pada tanggal dan tempat yang akan dikonfirmasi kembali oleh kedua belah pihak. Untuk menggali komitmen bersama, kedua pihak akan melakukan diskusi lebih lanjut dan membahas hal-hal khusus yang ditemui dalam forum hari ini melaui forum dialog yang sudah ditentukan.


Bagikan di | Cetak | Unduh