Sumber ekon.go.id

Menko Perekonomian Serahkan Bantuan APD dan Masker

29 May 2020 14:07

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada hari Jumat (29/5), di Jakarta. Airlangga menyatakan bahwa bantuan ini Ia serahkan untuk para pejuang garis depan dalam penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 13.988 buah dan masker non medis sebanyak 68.400 buah.

Menko Perekonomian dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah tengah menyusun upaya pemulihan ekonomi nasional. Pihaknya kini kerap melakukan rapat dengan BNPB membahas langkah Indonesia bersiap memasuki fase masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Parameter yang digunakan dalam kajian-kajian Covid-19, lanjut Airlangga, menggunakan parameter BNPB yang kemudian diproses di Bappenas. Parameter tersebut kemudian diagresikan dengan faktor di luar kesehatan yang juga memerlukan kesiapan dari pemerintah daerah, pelaku ekonomi, dan masyarakat itu sendiri.

“Karena untuk menangani Covid-19 Pemerintah tidak bisa sendiri. Secondary wave itu tergantung juga pada kedisiplinan masyarakat,” ujar Airlangga.

Pihaknya mengaku telah menyiapkan protokol dan juga skenario terburuk. Seandainya terjadi secondary wave, kebijakan membuka dan menutup wilayah merupakan insentif bagi daerah dan masyarakat. “Sehingga ini juga sebagai warning buat masyarakat agar tidak bermain-main dengan Covid-19,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Airlangga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, tenaga medis, petugas rumah sakit, BNPB, dan Satgas Covid-19. “Terima kasih sudah bekerja keras, berdedikasi, dan berada di garda terdepan bahkan ada yang menjadi pahlawan yang gugur dalam tugas,” ujarnya.

Di akhir kesempatan, Airlangga mengapresiasi keberadaan Bintan Aluminium Indonesia yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang. Ia berharap KEK bisa terus melanjutkan programnya membangun kawasan menuju kesejahteraan masyarakat sekaligus mendorong perekonomian kawasan. (kun/iqb)

***


Bagikan di | Cetak | Unduh