Sumber ekon.go.id

Pemerintah Siapkan Lumbung Padi Nasional Di Kalimantan Tengah

27 Jun 2020 17:40

Pemerintah tengah merencanakan pembangunan food estate atau kawasan pertanian modern di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah. Pemerintah juga berkomitmen untuk terus bergerak menjadikan kawasan tersebut sebagai lumbung padi nasional.

“Pemerintah akan mendorong pertanian di wilayah Kalimantan Tengah ini, khususnya Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas yang akan menjadi lumbung padi nasional,” tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan kunjungan lapangan di Desa Blanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (27/6).

Airlangga menambahkan bahwa pihaknya sudah menganggarkan 30.000 hektar di dua kabupaten tersebut dan akan mulai ditanam pada musim pangan kedua.

“Kalau sudah, berikutnya Pemerintah akan mendorong sisanya yaitu sekitar 110.000 hektar untuk tahap kedua pada 2022-2023. Dari pembelajaran ini Pemerintah akan terus melakukan rehabilitasi di lokasi lebih dari 600.000 hektar,” lanjutnya.

Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Airlangga menyatakan bahwa pihaknya telah mengkaji berkali-kali terkait dengan keadaan dua kabupaten tersebut. Di masa awal new normal ini, Ia merasa senang dan percaya diri ketika berkesempatan untuk meninjau langsung lokasi yang direncanakan akan menjadi food estate itu.

“Berbeda kalo kita lihat sendiri hamparan padi yang ada. Jadi memberikan rasa percaya diri pada Pemerintah bahwa ini (Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas) adalah pilihan yang tepat,” tutur Airlangga.

Selain direncanakan menjadi food estate dan lumbung padi nasional, Airlangga juga menyatakan akan mempersiapkan kawasan tersebut menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Kita yakin kalau desanya pantang mundur maka programnya akan berhasil. Modalnya adalah pantang mundur. Pemerintah juga pantang mundur, kita akan maju terus sampai disini menjadi food estate atau lumbung padi nasional,” ujar Airlangga.

Selain meninjau langsung lahan pertanian di Desa Blanti Siam Kabupaten Pulang Pisau, di hari yang sama Airlangga juga meninjau Desa Anjir Serapat di Kabupaten Kapuas.

Turut hadir dalam kunjungan lapangan tersebut Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Bupati Kapuas Ben Brahim, serta pejabat daerah lainnya. (kun/iqb)

***


Bagikan di | Cetak | Unduh