Sumber ekon.go.id

Perekonomian Indonesia Berangsur Membaik

15 Nov 2015 07:59

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengisi kuliah umum pada Wisuda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) ke-43. Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh ratusan wisudawan itu, Menko Darmin menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

Menurutnya, krisis ekonomi yang dahulu menerpa Amerika Serikat, kondisinya sekarang juga dialami oleh negara-negara lain. Mulai dari beberapa negara di Benua Eropa hingga fenomenanya menjangkiti negara berkembang, tak terkecuali Indonesia.

“Sekitar tiga bulan lalu, sektor keuangan kita begitu fluktuatif dan kurs rupiah terus menurun,” ujar Menko Darmin di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (15/11).

Untuk atasi permasalah tersebut, kata Menko Darmin, pemerintah mengkombinasikan dua kebijakan besar. Pertama, mendorong pengeluaran pemerintah melalui belanja modal. Terakhir, mengeluarkan kebijakan deregulasi dan debirokratisasi.

Menko Darmin menyampaikan bahwa lepas dua bulan pelaksaan kebijakan baru, pemerintah akhirnya mampu mengontrol tedensi penurunan ekonomi. Selain itu, fluktuasi ekonomi dalam negeri pun bisa direm.

Di penghujung acara, Menko Darmin berpesan kepada para wisudawan agar segera memiliki sertifikasi kompetensi. Hal ini dibutuhkan guna menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015. Kesiapan tenaga kerja lokal harus memiliki sertikasi kompetensi agar bisa bersaing dengan tenaga asing.

“Jangan sampai tenaga lokal kalah dengan asing,” tambahnya. (nay)

***


Bagikan di | Cetak | Unduh