Sumber ekon.go.id

Lakukan Kunjungan Lapangan, Pemerintah Terus Lanjutkan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Perbatasan Negara

24 Jun 2022 22:15

Pemerintah melanjutkan pembangunan ekonomi kawasan perbatasan pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw setelah menyelesaikan pembangunan fisik pada 7 Pos Lintas Batas Negara. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah untuk terus melakukan pengembangan kawasan perbatasan negara.

Untuk melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan pada Semester I tahun 2022, Tim Asisten Deputi Penguatan Daya Saing Kawasan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Badan Nasional Pengelolaan dan Kementerian/Lembaga terkait melaksanakan kunjungan lapangan dan Rapat Koordinasi di Kawasan Perbatasan Negara di Skouw pada tanggal 20 sampai 23 Juni 2022.

Sebagai informasi, pembangunan ekonomi kawasan perbatasan negara diatur lewat Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain dan Skouw. Dalam Inpres Nomor 1 tahun 2021 tersebut,  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bertugas memberikan pengarahan dan pengendalian secara umum dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi, mengoordinasikan penyelesaian masalah yang timbul (debottlenecking), serta melaporkan pelaksanaan Inpres ini kepada Presiden.

“Kunjungan lapangan ini merupakan upaya aktif Pemerintah untuk secara rutin mengidentifikasi capaian dan tantangan yang dihadapi masing-masing kegiatan. Hasil dari kegiatan ini akan dilaporkan kepada Presiden sebagai bahan untuk tindak lanjut dan pengambilan keputusan selanjutnya,” ungkap Asisten Deputi Penguatan Daya Saing Kawasan Kemenko Perekonomian Kartika Listriana.

Kegiatan utama yang dilakukan di Kawasan Skouw yakni peningkatan produktivitas pertanian, pariwisata, dan perdagangan antar batas negara. Diharapkan dengan program kegiatan sebagaimana diamanatkan dalam Inpres tersebut dapat menjadi pemicu peningkatan ekonomi di kawasan perbatasan, dan menjadi preseden baik bagi program kegiatan di kawasan perbatasan negara yang lainnya.

Terdapat 19 program kegiatan yang dilaksanakan oleh 7 Kementerian/Lembaga di Kawasan Perbatasan Negara di Skouw dari total 60 kegiatan yang tercantum di dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2021.

“Pemerintah terus mendorong penyelesaian program-program tertunda sebelum berakhirnya masa berlaku Inpres 1 Tahun 2021 di awal tahun 2023,” pungkas Asisten Deputi Kartika. (dep6/ltg/fsr)

 


Bagikan di | Cetak | Unduh