Sumber ekon.go.id

KUR Goes to Campus  Bagikan Pemahaman menjadi Wirausaha Baru dengan Akses Pembiayaan yang Mudah dan Murah

28 Jun 2022 09:27

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
HM.4.6/332/SET.M.EKON.3/6/2022

KUR Goes to Campus  Bagikan Pemahaman menjadi Wirausaha Baru dengan Akses Pembiayaan yang Mudah dan Murah

Jakarta, 28 Juni 2022

Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM konsisten mendorong UMKM untuk mengakses pembiayaan yang mudah dan murah melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Nilai KUR yang disalurkan pada tahun 2022 juga telah ditingkatkan Pemerintah menjadi Rp373,17 triliun dan dengan bunga sebesar 3% hingga Desember 2022.

Selain itu, Pemerintah juga menggelar KUR Goes to Campus sebagai bentuk dukungan penguatan akses pembiayaan kepada UMKM dan mendorong minat masyarakat agar berwirausaha, khususnya para mahasiswa. Kegiatan KUR Goes to Campus ini telah dilaksanakan di beberapa universitas di Indonesia.

Dalam acara KUR Goes to Campus di Sumatera Utara, Sabtu (25/06), di Hotel KHAS Parapat Hotel Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual menyampaikan pentingnya penciptaan wirausaha baru yang berkualitas yang berasal dari lingkungan perguruan tinggi di Indonesia.

“Fokus pembiayaan KUR salah satunya adalah untuk mendorong wirausaha baru, dan pemberian KUR kepada wirausaha baru. Tentunya kita berharap adanya KUR bisa mendorong para wirausaha baru meningkatkan modal usaha, meningkatkan investasi, dan secara bertahap para wirausaha bisa naik kelas,” ujar Menko Airlangga.

Melalui KUR Goes to Campus, Pemerintah juga ingin menyampaikan bahwa bagi para mahasiswa yang telah memiliki usaha dapat mengakses pembiayaan melalui KUR Super Mikro jika usahanya membutuhkan pembiayaan hingga Rp10 juta. Mahasiswa yang telah memiliki usaha juga bisa mengakses pembiayaan melalui KUR Mikro untuk pembiayaan diatas Rp10 juta sampai dengan Rp100 juta dan bisa juga mengakses pembiayaan KUR Kecil untuk pembiayaan diatas Rp100 juta sampai dengan Rp500 juta.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menyampaikan penjelasan mengenai KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia, dan KUR Khusus dengan plafon sampai dengan Rp100 juta yang pembiayaannya bisa diakses cukup dengan usaha yang dibiayai tanpa memerlukan agunan tambahan.

“Program kewirausahaan di kampus merupakan salah satu kunci utama penciptaan lapangan kerja. Sumber daya manusia generasi muda yang berkualitas tinggi akan mendorong aktivitas kewirausahaan, sehingga dapat mempercepat penciptaan lapangan kerja,” kata Deputi Iskandar.

Sebagai informasi, kegiatan KUR Goes to Campus yang digelar di Sumatera Utara tersebut merupakan seri ke-7 dari kegiatan sosialisasi KUR Goes to Campus yang melibatkan lingkungan universitas/perguruan tinggi di berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut didukung juga oleh salah satu Lembaga Penyalur KUR yaitu Bank BRI yang turut berkomitmen menjadi mitra utama bagi UMKM melalui penyaluran KUR.

Selain menggelar KUR Goes to Campus, pada kesempatan yang sama Kemenko Perekonomian menggandeng Kinobi Asia untuk memberikan workshop bertajuk “Mempersiapkan Generasi Berikutnya untuk Tetap Kompetitif dan Relevan Sesuai Kebutuhan Pasar Kerja”. Kegiatan workshop tersebut digelar dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Departemen Head Micro Medan PT BRI (Persero) Tbk, Pemimpin Wilayah 1 Medan PT Jaminan Kredit Indonesia, Pemimpin Wilayah 6 Medan PT Asuransi Kredit Indonesia, Presiden Direktur Kinobi  Asia, serta civitas akademika Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli, Universitas Efarina dan Universitas Simalungun. (dep1/ltg/fsr)

***

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto


Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok, dan YouTube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh