Sumber ekon.go.id

Menko Airlangga: Harapan untuk Cepat Beradaptasi dan Akselerasi Kerja demi Pemulihan Ekonomi Nasional

12 Nov 2020 19:09

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melantik 9 (sembilan) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kemenko Perekonomian. Mereka telah melalui proses seleksi yang adil dan transparan dari 24 Agustus sampai 10 November 2020 lalu.

Menko Airlangga mengatakan, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik harus bisa langsung beradaptasi dan mengakselerasi kerja dalam mendukung fokus program strategis nasional yang dikoordinasikan Kemenko Perekonomian.

“Kantor Kemenko Perekonomian berkali-kali diharapkan dan diberi tugas oleh Presiden menjadi penggerak utama dalam menjalankan program-program strategis beliau. Seperti Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN),” jelasnya dalam acara pelantikan yang diadakan di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis (12/11).

Juga tentunya, lanjut dia, Kemenko Perekonomian diberi penugasan untuk mengoordinasikan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang sekarang perlu didalami untuk penyelesaian aturan pelaksanaannya, yang terdiri dari 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres). “Ini hanya diberi waktu tiga bulan sesuai amanat (dalam) UU-nya,” terangnya.

Kepercayaan tersebut harus dijaga dengan usaha keras dan luar biasa. Semua keputusan, kebijakan dan tindakan yang dijalankan segenap pegawai Kemenko Perekonomian harus mencerminkan upaya serius menjalankan amanah yang diberikan. Khususnya untuk mengoordinasikan UU Ciptaker dengan sudah mempertimbangkan masukan dari stakeholders.

“Di tengah situasi kondisi pandemi Covid-19 ini, Saya meminta kepada seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemenko Perekonomian supaya memahami bahwa kita masih berada dalam suasana pemulihan dan penanganan kesehatan akibat pandemi itu. Kondisi ini menuntut kita tak hanya sekadar melakukan tugas rutin seperti biasa, tapi lebih dari itu, harus melakukan kerja-kerja extra-mile dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Sejauh ini pemulihan ekonomi nasional telah berada dalam jalur yang benar. Di mana ekonomi semakin membaik di kuartal ke-III dan kuartal IV diproyeksikan akan makin membaik. “Kita ada di jalur reset dari minus dikembalikan ke nol, supaya di tahun depan bisa masuk jalur positif sekitar 5% sesuai APBN kita,” imbuhnya.

Sementara, disahkannya UU Ciptaker menandai dimulainya transformasi ekonomi melalui reformasi struktural. “Yang terpenting adalah tahapan operasionalisasi, agar PP (turunan UU) itu menimbulkan perubahan dalam kita melayani publik,” katanya.

Menko Airlangga mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada para pejabat yang baru saja dilantik tersebut. “Inovasi, profesionalitas, dan integritas Saudara ditunggu oleh masyarakat dan bangsa Indonesia. Selamat bekerja keras!” pungkasnya.

Adapun Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) yang dilantik hari ini adalah:

  1. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi dan Persidangan, Haryo Limanseto
  2. Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Riil, Puji Gunawan
  3. Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Perikanan, Pujo Setio
  4. Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Agribisnis, Ismariny
  5. Asisten Deputi Harmonisasi Ekosistem Ketenagakerjaan, Nuryani Yunus
  6. Asisten Deputi Penguatan Pasar Dalam Negeri, Evita Manthovani
  7. Asisten Deputi Ketahanan Kebencanaan dan Pemanfaatan Teknologi, Muksin
  8. Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan, Suroto
  9. Asisten Deputi Kerjasama Multilateral, Ferry Ardiyanto

(rep/iqb)

***


Bagikan di | Cetak | Unduh