Profil Deputi II (Pangan dan Pertanian)

Deputi II (Pangan dan Pertanian)

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian

( Ir. Musdhalifah Machmud, MT )

Selanjutnya disebut Deputi II, mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu pangan dan pertanian.

Deputi II menyelenggarakan fungsi:

  1. Koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang pangan dan pertanian;
  2. Pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang pangan dan pertanian;
  3. Koordinasi dan sinkronisasi perumusan kebijakan di bidang ketersediaan dan stabilitas harga pangan;
  4. Pengendalian pelaksanaan kebijakan di bidang ketersediaan dan stabilitas harga pangan;
  5. Koordinasi dan sinkronisasi, perumusan dan pelaksanaan dan pengendalian pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan komoditi orientasi ekspor;
  6. Koordinasi dan sinkronisasi perumusan kebijakan di bidang ketersediaan sarana prasarana pangan dan pertanian;
  7. Koordinasi, sinkronisasi, dan perumusan kebijakan di bidang penanggulangan kemiskinan petani;
  8. Pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang pangan dan pertanian; dan
  9. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Koordinator.

Struktur organisasi Deputi II terdiri atas:

  1. Asisten Deputi Pangan;
  2. Asisten Deputi Peternakan dan Perikanan;
  3. Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura;
  4. Asisten Deputi Prasarana dan Sarana Pangan dan Pertanian;
  5. Asisten Deputi Agribisnis; dan
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

Profil Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian

Musdhalifah Machmud lahir di Ujung Pandang, 13 September 1964. Menempuh pendidikan sarjana jurusan Manajemen Hutan di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 1987. Kemudian melanjutkan studi S2 dengan mengikuti double degree di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2003 dengan mengambil jurusan Studi Pembangunan dan di ITC Enschede, Belanda dengan mengambil jurusan Monitoring dan Evaluasi Perubahan Iklim. Selain itu, Ia juga aktif mengikuti beberapa diklat, kursus singkat, dan seminar, di antaranya Leadership yang diselenggarakan oleh AIPEG pada tahun 2014, EAS Workshop on bio-fuels yang diselenggarakan oleh Ministry of Energy Bangkok pada tahun 2008, Negotiation, Conflict Resolution and Meeting Management yang diselenggarakan oleh AIPEG-IPDC-Kemenko Perekonomian pada tahun 2012, dan Training on Decision-Making in Natural Resources Management: Economic for The Environment yang diselengarakan oleh The International Agricultural Center – Wagenigen pada tahun 2004. Ia mendapatkan penghargaan masa pengabdian Satya Lencana Karya Satya atas kerja keras, dedikasi, dan pencapaiannya.

Sebelum dilantik sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Perekonomian pada tahun 2015, Ia pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura pada tahun 2013-2015, Asisten Deputi Urusan Perkebunan dan Hortikultura pada tahun 2009-2013, Kepala Bidang Produksi dan Distribusi Perkebunan/Pelaksana Tugas Asisten Deputi Urusan Perkebunan dan Hortikultura pada tahun 2009-2007, Kepala Bidang Produksi Pertanian Pada Asdep I/II/Pelaksana tugas Asisten Deputi Urusan Pertanian dan Kelautan pada tahun 2006-2007, Kepala Bidang Pemanfaatan SDA Kehutanan pada Asdep 2-III pada tahun 2003-2006, Kepala Seksi Konservasi Ekosistem Lahan Basah Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Departemen Kehutanan pada tahun 2002-2003, Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran I pada Bagian Program dan Anggaran Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Jenderal Departemen Kehutanan pada tahun 2001-2002, dan Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran Rutin Pada Bagian Program dan Anggaran II Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Departemen Kehutanan dan Perkebunan pada tahun 1999-2001.

Selain menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Perekonomian, Ia juga tercatat sebagai Anggota Dewan Pengawas Perum Bulog dan Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Bagikan di | Cetak | Unduh