Sumber www.ekon.go.id

Tingkatkan Efektivitas Strategi Komunikasi Publik, Sinergi Antar Kehumasan Pemerintah Terus Dibangun

26 May 2023 21:09

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
HM.4.6/169/SET.M.EKON.3/05/2023

Tingkatkan Efektivitas Strategi Komunikasi Publik, Sinergi Antar Kehumasan Pemerintah Terus Dibangun

Bogor, 26 Mei 2023

Dalam rangka membangun kolaborasi dan untuk terus memperkuat sinergi antar Humas Kementerian/Lembaga, terutama yang berada dalam lingkup koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM telah diselenggarakan Rapat Koordinasi Literasi dan Kepustakaan di Bogor pada Jumat (26/05).

Dalam rapat tersebut dilakukan pembahasan mengenai beragam praktik kehumasan yang terkait strategi komunikasi publik, dengan menggali lebih jauh best practices yang selama ini telah diselenggarakan oleh Kemenko Perekonomian.

“Pemerintah juga harus senantiasa mempublikasikan kinerjanya dan ini juga memacu kehumasan di kementerian dan lembaga untuk selalu aktif bergerak. Jadi kesempatan ini sangat baik untuk kita sharing, dan mudah-mudahan momen ini berlanjut dan dalam lingkup lebih besar,” jelas Kepala Biro KLIP Haryo Limanseto.

Membangun jaringan antar kementerian/lembaga mutlak diperlukan, terutama untuk memperkuat efektivitas komunikasi publik program-program Pemerintah yang tentunya menyangkut hajat hidup orang banyak. “Selain itu, kami juga memperkuat koordinasi antara kedeputian di internal Kemenko Perekonomian,” ujar Karo KLIP Haryo.

Untuk mampu menyelenggarakan komunikasi publik dengan semakin efektif, pilihan strategi tentu menjadi hal yang sangat penting. Unit Humas dan Strakom Biro KLIP sendiri telah menerapkan sejumlah strategi di antaranya berupa penguatan relevansi target, penguatan indikator capaian, pengayaan produk, penyempurnaan mekanisme, akselerasi utilisasi Studio EkonIcon, dan optimalisasi kanal-kanal distribusi publikasi.

Pilihan strategi tersebut juga dimaksudkan untuk mampu mengantisipasi tantangan serta dinamika yang ada. Kondisi nasional dalam memasuki tahun politik yang akan mempengaruhi intensitas pemberitaan perekonomian, kecepatan pemberitaan media, penyederhanaan penyampaian informasi publik agar lebih mudah dipahami, menjadikan referensi bagi kalangan akademisi, dinamika perubahan preferensi publik, peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat, serta keikutsertaan Indonesia dalam berbagai forum internasional menjadi tantangan yang diperkirakan muncul di tahun 2023.

“Yang terpenting untuk menjadikan Kemenko Perekonomian sebagai referensi utama pemberitaan kebijakan perekonomian Indonesia, nomor satu kita harus mampu menjadi trusted source dan menjaga kredibilitas,” ungkap Pranata Humas Madya Kemenko Perekonomian Ferry Surfiyanto.

Koordinasi dan kolaborasi antar Humas Kementerian/Lembaga juga harus terus dibangun dengan dilandasi semangat untuk menyatukan gerak langkah. “Semangatnya kebersamaan, untuk mendorong perubahan agar Humas Pemerintah dapat terus bergerak ke arah yang lebih baik,” pungkas Ferry. (rep/fsr)

***

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, & YouTube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh