Sumber ekon.go.id

Tim Fact-Finding Mission OECD Mulai Review Ekosistem Semikonduktor di Indonesia

22 Jul 2024 17:39

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
HM.4.6/258/SET.M.EKON.3/07/2024

Tim Fact-Finding Mission OECD Mulai Review Ekosistem Semikonduktor di Indonesia

Jakarta, 22 Juli 2024

Pemerintah tengah mendorong mesin ekonomi baru untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya denganpengembangan industri semikonduktor. Kaitannya dengan proses aksesi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi Prio Pambudi menerima Delegasi Tim OECD yang menangani sektor semikonduktor pada Selasa (9/07) di Kantor Kemenko Perekonomian.

“Tim OECD akan membantu Pemerintah untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan di Indonesia dalam pengembangan ekosistem semikonduktor. Kunjungan misi ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang ekosistem semikonduktor Indonesia dengan bertemu dengan berbagai lembaga Pemerintah yang terlibat dalam pembuatan kebijakan semikonduktor dan pemangku kepentingan lainnya seperti pelaku industri, asosiasi, organisasi buruh, dan civil society,” ungkap Deputi Edi.

Tim OECD tersebut dipimpin oleh Ekonom Senior dari Direktorat Sains, Teknologi dan Inovasi Guy Lalanne bersama tiga orang ekonom lainnya. Isu-isu yang dibahas pada sesi pertemuan sebagian besar berkaitan dengan kebijakan, konfirmasi data, serta identifikasi peluang dan tantangan pengembangan industri semikonduktor di Indonesia.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian dari fact-finding mission oleh OECD untuk melakukan review ekosistem semikonduktor Indonesia. Dalam misi tersebut OECD bertemu dengan berbagai pihak yang terlibat dalam pembuatan kebijakan semikonduktor, dan pemangku kepentingan lainnya. Pertemuan yang digelar selama empat hari di Jakarta tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian dan Lembaga, para asosiasi, pelaku industri, dan institusi pendidikan.

“Indonesia benar-benar serius dalam mempercepat pembangunan ekosistem semikonduktor, mulai dari hulu hingga hilir. Untuk mencapai visi tersebut, Indonesia siap memperkuat 4 pilar pendukung industri yakni infrastruktur, keterampilan/sumber daya manusia, rantai pasokan, dan lingkungan pendukungnya,” ungkap Staf Khusus Menteri Koordinator Prof. Hammam Riza yang juga Tim Ahli dalam Satuan Tugas Semikonduktor.

Rangkaian kegiatan fact-finding mission tersebut ditutup dengan kunjungan lapangan ke Batam, Kepulauan Riau, untuk melihat potensi daerah tersebut sebagai lokasi pengembangan industri semikonduktor. Tim OECD masih akan melakukan analisa mendalam terhadap ekosistem semikonduktor Indonesia selama 6 bulan ke depan. (dep7/ltg)

***

Juru Bicara Kemenko Perekonomian
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, & YouTube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh