Sumber ekon.go.id

Pembukaan KTT ASEAN di Laos, Mendorong Peningkatan Konektivitas, Resiliensi, dan Integrasi Kawasan Menuju Visi ASEAN 2045

09 Oct 2024 22:52

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN  
REPUBLIK INDONESIA 

SIARAN PERS 

HM.4.6/357/SET.M.EKON.3/10/2024

Pembukaan KTT ASEAN di Laos, Mendorong Peningkatan Konektivitas, Resiliensi, dan Integrasi Kawasan Menuju Visi ASEAN 2045

Vientiane, 9 September 2023 
 

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-44 dan 45 resmi dibuka oleh Presiden Laos Thongloun Sisoulith, pada Rabu 9 Oktober 2024 di National Convention Centre, Vientiane, Laos. KTT yang menjadi puncak Keketuaan Laos di ASEAN tahun 2024 ini dihadiri oleh seluruh Pemimpin ASEAN, Perwakilan Non-politik Myanmar, Pemimpin Timor-Leste, para Pemimpin atau Perwakilan negara-negara mitra wicara, Sekretaris Jenderal ASEAN, dan Pemimpin mitra pembangunan ASEAN. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut mendampingi Wakil Presiden RI dalam acara pembukaan ini bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan Menteri Luar Negeri.

Upacara Pembukaan KTT ASEAN Ke-44 dan 45 diawali dengan sambutan dari Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone. PM Sonexay menyampaikan bahwa fokus kawasan regional ASEAN di bawah Keketuaan Laos adalah membangun ASEAN yang lebih terhubung dan kuat untuk menavigasi kondisi global. Saat ini adalah momentum yang tepat karena ASEAN akan memperingati tahun kesepuluh implementasi Visi ASEAN 2025 dan sedang menyusun Visi ASEAN 2045.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Presiden Thongloun, sekaligus membuka secara resmi rangkaian acara KTT ASEAN ke-44 dan 45 serta KTT lainnya. Dalam sambutannya, Presiden Thongloun menekankan pentingnya kesatuan dan solidaritas ASEAN di tengah keberagaman dan tantangan eksternal yang ada.

Presiden Laos menyampaikan bahwa saat ini ASEAN telah menjadi rumah dari hampir 700 juta orang dengan berbagai keberagaman dan telah berhasil menangani berbagai isu regional dan global. Ke depan, dengan bergabungnya Timor Leste ke ASEAN diharapkan dapat melengkapi persatuan seluruh negara di Asia Tenggara, dan menciptakan kesempatan baru serta memberi manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Melalui prinsip ‘ASEAN Way’ diharapkan dapat mempromosikan stabilitas, perdamaian, dan pembangunan ekonomi kawasan.

Dalam kesempatan ini, PM Laos didampingi oleh Sekjen ASEAN juga menyerahkan piala penghargaan “ASEAN Prize” ke-7 kepada Ketua Umum ASEAN Youth Organization (AYO) yang berkantor di Jakarta, Senjaya Mulia. ASEAN mengakui kontribusi AYO yang berpengaruh dalam mendorong kolaborasi lintas budaya dan mempromosikan identitas ASEAN di kalangan generasi muda di kawasan, serta berkontribusi terhadap keterlibatan masyarakat dalam upaya pembangunan Komunitas ASEAN.

Perhelatan KTT ASEAN ke-44 dan 45 serta KTT terkait lainnya akan digelar pada tanggal 9 s.d. 11 Oktober 2024 di NCC Vientiane, Laos. Selain menghadiri KTT ASEAN 44 dan 45 serta KTT terkait lainnya, Wakil Presiden RI juga diagendakan membuka acara the Special ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) 2024 dalam rangkaian acara ASEAN Business and Investment Summit 2024. AIPF ini pertama kali dilaksanakan pada masa Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 tahun lalu di Jakarta. Dalam kunjungan kerja ke Vientiane kali ini, Menko Airlangga juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah Menteri dan para Pemimpin Organisasi Internasional.

Turut hadir mendampingi dalam upacara pembukaan adalah Sesmenko Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional dan Asdep Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. (spi/th/d7/map/fsr/hls)

***

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Susiwijono Moegiarso 

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, Threads, & YouTube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh